Thursday, November 11, 2010

Indonesia the rising star from asia pasifik

Jerman: Indonesia The Rising Star

Internasional / Jumat, 12 November 2010 10:40 WIB

Metrotvnews.com, Berlin: Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle menilai Indonesia, China, dan India sebagai The Rising Star di Asia Pasifik. Demikian diutarakan Westerwelle saat menghadiri Working Luncheon Duta Besar Asia Pasifik di Berlin, Dahlem, Kamis (11/11).

Diterangkan Agus Priono dari Kedutaan Besar RI di Berlin, Westerwelle menjadi tamu kehormatan momen tersebut. Adapun Westerwelle mengemukakan peran penting kawasan Asia Pasifik bagi Uni Eropa dan Jerman.

Di bidang ekonomi, misalnya, Asia Pasifik menunjukkan pertumbuhan signifikan dan menjadi mitra utama Jerman. Dilihat dari ASEAN dan East Asia Summit, kata Westerwelle, ketiga negara itu bak bintang.

Menlu Wersterwelle menyampaikan dalam menjalin kerja sama dengan Asia Pasifik, Jerman mengedepankan prinsip 'long term and sustainable cooperation' yang antara lain bisa dilakukan dengan 'exchange of young people' seperti 'exchange of student' dan 'vocational training.

Menurut Agus Priono, kehadiran Menlu Jerman sebagai bukti peran penting Asia Pasifik bagi Jerman. Kawasan Asia Pasifik diyakini banyak pihak akan menjadi `the economic powerhouse of the world`. Lebih lanjut Agus mengemukakan Indonesia selalu berusaha semaksimal mungkin berkontribusi positif dan konstruktif untuk pembentukan arsitektur kawasan yang damai dan harmonis. (Ant/*****)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts