Thursday, November 11, 2010

Uji Coba Lawan Filipina Tetap Berlangsung

RIO_0807.jpgpssi-football.com.Agenda ujicoba timnas sanior Indonesia dengan timnas Filipina dipastikan akan tetap berlangsung sesuai jadwal, yakni Selasa (16/11) malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta. Menurut rencana, timnas Filipina akan tiba di Jakarta dua hari sebelum pertandingan digelar, kemungkinan Minggu (14/11) siang.

Kepastian digelarnya ujicoba timnas Indonesia dengan Filipina diperoleh Rabu (10/11) malam, dari pembicaraan antara petinggi asosiasi sepakbola Filipina dengan Sekjen PSSI Nugraha Besoes. Sebelumnya, antara PSSI dengan PFF (Federasi Sepakbola Filipina) sudah mencapai kesepakatan untuk mempertemuan kedua timnas mereka pada 16 November di SUGBK, Senayan.

Namun, rencana pertemuan kedua tim kemudian terancam batal menyusul kesulitan izin yang diperoleh sebagian besar pemain timnas Filipina tersebut dari institusinya. Menurut Nugraha Besoes, dari pembicaraannya dengan Presiden PFF Jose Marie Martinez, izin untuk sebagian besar pemain inti timnas Filipina ini sudah dikeluarkan Rabu sore.

"Tadi malam, sekitar pukul sepuluh., Jose Marie Martinez menghubungi saya dan menyatakan bahwa semuanya it's okay. Izin untuk sembilan pemain timnas yang anggota Angkatan Udara Filipina sudah clear, sehingga mereka tetap bisa datang ke Jakarta seperti direncanakan," ungkap Sekjen PSSI Nugraha Besoes Kamis (11/11) siang di Senayan.

Sekjen PSSI menepis isu yang mengiringi kemungkinan batalnya ujcoba dengan timnas Filipina ini, yang disebut karena kekhwatiran terkena debu erupsi Gunung Merapi.

"Bukan itu, semata-mata karena masalah perizinan untuk sembilan pemainnya yang anggota AU itu," tegas Nugraha Besoes.

Badan Tim Nasional Indonesia (BTNI) PSSI menjadwalkan tiga kali ujicoba timnas Indonesia menjelang AFF Suzuki Cup 2010. Tiga kali ujicoba timnas senior tersebut adalah dengan Filipina (16/11) di Jakarta, Kamboja (21/11) dan Taiwan (24/11). Dua ujicoba terakhir dijadwalkan berlangsung di Stadion Jakabaring, Palembang.

Terkait dengan timnas Filipina, meski pun bukan termasuk salah satu kekuatan yang disegani di kawasan ASEAN, namun timnas Filipina tetap patut diperhitungkan. Mereka lolos ke putaran utama AFF Suzuki Cup 2010 dengan menempati peringkat kedua pada babak kualifikasi di Laos, pertengahan Oktober, dengan hanya kalah dalam selisih gol dari Laos yang menduduki urutan teratas.

Di babak kualifikasi itu, timnas Filipina yang ditangani oleh pelatih asal Inggris Simon McMenem tampil mengesankan dengan menebas Timor Leste 5-0, bermain imbang 2-2 dengan Laos, dan kemudian bermain imbang tanpa gol dengan Kamboja.

Kamboja, yang menempati posisi ketiga pada babak kualifikasi AFF Suzuki Cup itu, sama-sama memperoleh nilai lima namun kalah dalam selisih gol memasukan dan kemasukan sehingga gagal menggapai tempat di babak utama AFF Suzuki Cup 2010.(adi)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts